Apa Itu Partisi MBR dan GPT Pada Harddisk?

 

Gambar Partisi MBR dan GPT Pada Harddisk

Hai sob.! apa yang anda lakukan dengan harddisk anda? lebih tepatnya yaitu mengenai struktur partisi pada harddisk menggunakan jenis MBR atau GPT. Dan anda mungkin akan bertanya mengenai kedua jenis partisi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, disk partisi sangatlah penting didalam sebuah sistem komputer, oleh karena itu digunakan sebagai sarana media penyimpanan yaitu Harddisk, SSD, Flashdisk dan lain-lain. Harddisk memiliki sistem default yaitu Master Boot Record biasa di kenal dengan sebutan MBRMBR adalah pilihan utamanya, tetapi kalian juga dapat memilih untuk menggunakan standar yang lebih baru, yaitu GUID Partition Table (GPT).

Penjelasan Singkat Mengenai Partisi MBR
MBR pertama kali diperkenalkan pada komputer IBM dengan sistem operasi DOS 2.0 pada tahun 1983. ia merupakan singkatan dari Master Boot Record, karena MBR adalah sektor boot khusus yang terletak di awal drive. Sektor ini berisi boot loader untuk sistem operasi yang terpasang dan informasi tentang partisi logical driveBoot loader merupakan sekelompok kode kecil yang umumnya memiliki tanggung jawab yang lebih besan dari pada drive. 

MBR memiliki keterbatasan sebagai media penyimpanan, MBR hanya mampu bekerja maksimal ukuran harddisk hingga 2 TB. Kemudian MBR juga hanya bisa mendukung empat partisi utama (4 Partisi Primary). jika anda lebih menggunakan partisi primary, harddisk akan secara otomatis membuat partisi logical sebagai media penggantinya jika lebih dari 4 partisi primary. MBR ini biasanya digunakan oleh BIOS versi lama yaitu Legacy.
Penjelasan Singkat Mengenai Partisi GPT
GPT, atau GUID Partition Table, adalah standar yang lebih baru dengan memiliki banyak keuntungan dari pada keterbatasan, itu termasuk dukungan untuk drive yang lebih besar dan diperlukan pada kebanyakan PC modern.

GPT adalah standar baru yang secara bertahap akan menggantikan MBR secara perlahan. Dan ini juga terkait dengan UEFI, yang menggantikan BIOS dengan sesuatu yang lebih modern seperti halnya GPT, pada gilirannya, akan menggantikan sistem partisi MBR. Alasan disebutnya GUID Partition Table karena setiap partisi pada drive memiliki “pengidentifikasi unik yang global,” atau GUID-string dari setiap partisi GPT kemungkinan memiliki pengenal yang unik.

GPT tidak memiliki keterbatasan seperti halnya pada MBR. Drive berbasis GPT dapat lebih besar, dengan batas ukuran tergantung pada sistem operasi dan sistem file-nya. GPT juga akan memungkinkan anda untuk membuat hampir yang tak terbatas. Sekali lagi, keterbatasan disini adalah sistem operasi sistem Windows yang hanya memungkinkan hingga 128 partisi primary pada GPT drive, dan anda tidak perlu membuat partisi extended untuk membuat mereka bekerja.
Next Post
1 Comments
  • Solusi Informatika
    Solusi Informatika Tuesday, 11 May, 2021

    gg

Add Comment
comment url