Apa Itu File .htaccess dan Beserta Fungsinya


Sekayuweb - Halo sobat, masih seputar artikel mengenai file .htaccess. Kali ini admin akan membahas tentang Apa Itu File .htaccess dan Beserta Fungsinya. Bagi seorang programmer pasti sudah banyak yang tau akan apa itu file .htaccesss, tapi bagaimana untuk orang awam? jangan panik sobat, artikel ini akan membantu kalian.

Pengertian File .htaccess

File .htaccess adalah sebuah file text sederhana yang menggunakan format ASCII (American Standard Code for Information Interchange). File text sederhana nan multiguna ini memiliki beragam fungsi untuk website. Kamu bisa menemukan file ini pada web server seperti Apache, Nginx, maupun LiteSpeed melalui direktori public_html atau document root domainmu.

Fungsi File .htaccess

Ada beberapa fungsi untuk file .htaccess sebagai berikut :
  1. Mencegah pengunjung melakukan browsing direktori
  2. Me-redirect pengunjung dari satu halaman ke halaman lain
  3. Memberi proteksi password pada direktori
  4. Mengubah default halaman index pada folder tertentu
  5. Mencegah hot-linking of images dari website
  6. Mencegah atau membatasi akses ke website atau direktori berdasarkan alamat IP.
  7. Mencegah direktori atau data website diakses oleh publik.
  8. dan masih banyak lagi fungsinya.

Jangan meremehkan kemampuan file .htaccess ini ya sobat, karena fungsi file satu ini sangat lah banyak dan juga penting bagi website anda. Demikian pembahasan tentang Apa Itu File .htaccess dan Beserta Fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anda yang setia membaca di sekayuweb.com Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima Kasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url