Linux Ubuntu: Sejarah, Fitur, dan Jenis

Photo by Gabriel Heinzer on Unsplash

Hallo semuanya, apakah kalian sudah mendengar kata apa itu Linux Ubuntu? kelebihan yang dimiliki oleh linux ubuntu? fungsi linux ubuntu dan berbagai macam apa saja OS Ubuntu? Tenang sob, artikel kali ini akan membahas semua yang ada mengenai linux ubuntu.

Sejarah Linux Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan Sistem Operasi Desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui secara sempurna.

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang dirilis pada April 2012 mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun.

Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.

Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian, Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu sering kali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu, begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubahan-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian, tetapi hal ini hampir tak terlaksana. Penemu Debian, Ian Murdock, pernah berkata bahwa paket Ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari Debian. Sebelum setiap rilis Ubuntu, paket-paket diambil dari paket tidak stabil Debian dan digabung dengan modifikasi Ubuntu. Sebulan sebelum perilisan, pengambilan paket dihentikan dan kerja selanjutnya adalah memastikan paket-paket yang sudah diambil bekerja dengan baik.

Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak

Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonocal Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.

Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.


Kelebihan Linux Ubuntu

Setiap Sistem Operasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing- masing, tidak terkecuali Ubuntu. Adapun Kelebihn dari OS ini adalah :
  • Gratis dan Open Source
Linux Ubuntu dapat kalian download dan menginstall sistem operasi ini secara gratis dan open source. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli lisensi linux ini, kalian hanya perlu download dari situs resmi Ubuntu.

  • Mudah digunakan

Ubuntu semudah sistem operasi Windows meski ada mitos terkenal tentang Ubuntu bahwa Ubuntu dikembangkan hanya untuk pengembang dan pembuat kode. Namun kenyataannya, Ubuntu adalah sistem operasi desktop yang indah dan dapat digunakan oleh semua pengguna komputer biasa.

  • Privacy dan keamanan

Ubuntu memberikan opsi yang lebih baik untuk privasi dan keamanan. Keuntungan terbaik memiliki Ubuntu adalah Anda dapat memperoleh privasi dan keamanan tambahan yang diperlukan tanpa memiliki solusi pihak ketiga. Risiko peretasan dan berbagai serangan lainnya dapat diminimalkan dengan menggunakan distribusi ini.

  • Support yang kuat 

Ada banyak support dari komunitas grup yang bisa Anda manfaatkan jika terdapat pertanyaan atau menemukan kendala pada linux ubuntu.Untuk mendapatkan support gratis, Anda bisa mengunjungi Forum Facebook Ubuntu Indonesia, Ubuntu Twitter, Situs Resmi Ubuntu dan lain-lain.

  • Kebal terhadap virus
Tidak seperti sistem operasi windows yang sering mengalami terjadinya error, lemot dan kehilangan data. Linux ubuntu bisa di bilang kebal virus yang ada pada windows, risiko memiliki virus atau malware sangat sedikit.


Fitur Linux Ubuntu

Instalasi default Ubuntu berisi berbagai macam perangkat lunak yang mencakup LibreOffice, Firefox, Thunderbird, Transmission, dan beberapa permainan ringan seperti Sudoku dan catur. Banyak paket perangkat lunak tambahan dapat diakses dari Ubuntu Software bawaan yang sebelumnya Ubuntu Software Center serta alat manajemen paket berbasis APT lainnya. Selain banyak paket perangkat lunak tambahan yang tidak lagi di instal secara default, seperti Evolution, GIMP, Pidgin, dan Synaptic, masih dapat diakses di repositori dan dapat diinstal oleh alat utama atau oleh alat manajemen paket berbasis APT lainnya.

Paket snap lintas distribusi dan flatpaks juga tersedia, yang keduanya memungkinkan penginstalan perangkat lunak, seperti beberapa perangkat lunak Microsoft, di sebagian besar sistem operasi Linux utama (seperti versi Ubuntu yang saat ini didukung dan di Fedora). Manajer file default adalah File GNOME, sebelumnya disebut Nautilus. Semua perangkat lunak aplikasi yang diinstal secara default adalah perangkat lunak gratis. Selain itu, Ubuntu mendistribusikan ulang beberapa driver perangkat keras yang hanya tersedia dalam format biner, tetapi paket tersebut ditandai dengan jelas dalam komponen terbatas


Berbagai Jenis Ubuntu

Di Linux, varian lingkungan desktop disebut juga dengan istilah flavors. Varian ini adalah environtment yang berbeda dengan desktop default Ubuntu, entah itu berdasarkan lingkungan desktop tertentu, penggunaan, atau tema tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis Ubuntu yang banyak dibahas.

Ubuntu GNOME

Ini adalah versi default sejak tahun 2017. Varian ini memiliki interface yang mirip dengan Mac OS X. Ini adalah versi yang banyak digunakan dan Anda bisa menemukan banyak support dan juga video dan artikel yang membahas versi ini di Internet.

Tetapi, kalau Anda ingin menggunakan GNOME, perhatikan bahwa Anda akan membutuhkan hardware yang sangat baik untuk bisa berfungsi. Kalau sistem Anda memiliki RAM di bawah 4GB, Anda tidak disarankan untuk menggunakan GNOME.

Kubuntu

Kubuntu adalah versi KDE dari Ubuntu. Desktop environment KDE Plasma dikenal dengan opsi konfigurasi yang mudah.

Anda dapat menggunakan Ubuntu dengan tampilan yang modern lewat versi ini. Ada banyak perubahan yang bisa Anda lakukan dengan versi ini jadi kalau Anda suka mengkustomisasi desktop Anda, coba gunakan Kubuntu. Selain itu, selama sistem Anda memiliki RAM di atas 2GB, Anda bisa menggunakan Kubuntu tanpa gangguan.

Xubuntu

Xubuntu menggunakan desktop environment Xfce. Ini adalah salah satu desktop environment tertua dan memberi Anda pilihan kustomisasi yang cukup basic.

Mungkin tampilannya tidak semenarik Ubuntu Unity, tetapi bukan berarti tampilannya benar-benar jelek. Kalau sistem Anda memiliki RAM sebesar 1GB, Anda bisa menggunakan Xubuntu.

Lubuntu

Seperti Xubuntu, Lubuntu juga dibuat khusus untuk sistem yang lebih kecil. Versi ini menggunakan LXDE yang ringan. Lubuntu juga memiliki tampilan yang mirip dengan Windows XP. Lubuntu juga merupakan pilihan yang paling ringan, bahkan jika Anda memiliki sistem dengan RAM di bawah 1GB, Anda bisa menggunakan Lubuntu.

Ubuntu Unity

Sampai dengan tahun 2016, Ubuntu Unity adalah interface default sebelum digantikan oleh GNOME. Varian ini sendiri sudah memiliki tampilan yang enak dilihat jadi Anda tidak perlu susah-susah melakukan konfigurasi.

Ubuntu MATE

Ubuntu MATE menggunakan desktop environment MATE yang bercabang dari GNOME 2. Versi yang satu ini memiliki tampilan yang lebih tradisional dibanding versi lain.

Ubuntu Budgie

Ini adalah varian paling baru. Seperti yang terlihat dari namanya, varian ini menggunakan Budgie untuk desktopnya. Environmentnya dikembangkan oleh Solus Linux dan memiliki tampilan modern dan elegan.

Varian ini menjadi pilihan banyak pengguna. Budgie memberi Anda notifikasi seperti MacOS dan side launcher GNOME. Secara UI, Budgie bisa dibilang sangat memuaskan.

Ubuntu Kylin

Flavor ini diperuntukkan bagi pengguna di negara Cina. Di varian ini, Anda bisa menggunakan bahasa Mandarin dan beberapa fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di negara Cina.

Edubuntu

Edubuntu adalah singkatan dari Education + Ubuntu. Pada dasarnya, ini merupakan GNOME yang dibuat khusus untuk sekolah dan institusi pendidikan. Anda akan langsung mendapatkan aplikasi dan games yang cocok untuk murid-murid Anda.

Ubuntu Studio

Ubuntu Studio menggunakan desktop environment Xfce tetapi Anda akan langsung mendapatkan tools audio video yang sudah terinstall. Varian ini memang dikhususkan bagi mereka yang perlu menggunakan fitur-fitur audio, video, dan graphics.

Mythbuntu

Mythbuntu adalah instalasi minimal yang ditujukan khusus untuk MythTV. MythTV adalah software open source untuk multimedia dan home theater PC.


Mungkin itu saja artikel hari ini, semoga bermanfaat atas informasi mengenai Linux Ubuntu ini.
Sumber Artikel :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url