Cara Memperbaiki Head Printer Epson Yang Tersumbat

Bagaimana jika Anda menemukan printer yang bermasalah di bagian Head Printer? Apakah Anda ingin membawanya ke tukang service printer? atau Anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri? Tenang sob, artikel sekayu web kali ini akan membahas Cara Memperbaiki Head Printer Epson Yang Tersumbat.

Ada banyak sekali brand printer di dunia ini, baik dari printer berkualitas rendah sampai ke berkualitas terbaik. Jika printer ada banyak di dunia ini, pastinya sumber masalah Printer ada banyak sekali jenis-jenis permasalahan yang akan terjadi dan salah satunya mengenai masalah "Head Printer" yang tidak bisa mengeluarkan tinta secara normal seperti biasanya, atau biasa disebut tersumbat, buntu, mampet dan lain-lain. 

Saat kita melakukan print terhadap sebuah file laporan, maka kertas yang sudah di print oleh mesin printer tadi akan terdapat tinta garis putus-putus dan ada yang sampai tidak keluar sama sekali walaupun kita telah melakukan Cleaning di pengaturan printer. Masalah Print Head ini termasuk golongan yang unik dan tidak mudah di atasi, tapi di setiap sumber masalah pasti ada solusi untuk cara memperbaikinya.

Baca Juga: Review Telkom Indonesia

Pengertian Print Head

Print Head adalah suatu bagian terpenting dari sebuah printer yang menjadi satu bagian dari cartridge, tepatnya terletak di bawah cartridge. Print head disebut juga sebagai head cartridge yang dihubungkan dengan chips dan terkoneksi dengan suatu rangkaian pada perangkat printer. Sehingga dapat membaca karakter yang akan dicetak pada sebuah kertas, baik berupa teks maupun gambar.

Fungsi Print Head Pada Printer

Print head yang terdapat di dalam mesin printer ini berfungsi sebagai perangkat untuk menggoreskan tinta di kertas saat proses printing berlangsung. Jadi, print head inilah merupakan bagian printer yang berfungsi sebagai tempat keluarnya tinta sebelum sampai pada kertas cetak. Sehingga di dalam kertas tercetak tulisan atau gambar sesuai dokumen yang sedang diprint.

Cara Memperbaiki Head Printer Epson

  1. Silahkan matikan printer Anda, kemudian lakukan penyedotan tinta yang ada di dalam tabung tinta, Sedot semua tinta yang ada di dalam tabung tersebut sampai habis.
  2. Selanjutnya jika semua tinta yang ada di dalam tabung sudah habis, hidupkan kembali Printer, kemudian masuk ke Printer Setting > Maintenance > Cari Head Cleaning. Cara ini dilakukan Untuk Menguras/menghabiskan seluruh tinta yang ada di dalam cartrige Printer. Jadi lakukan Head Cleaning, sebanyak 2 kali, untuk memastikan bahwa tidak ada lagi tinta yang tersisa.
  3. Kemudian Ambil Cairan Head Cleaner, sedot dengan Menggunakan Suntik, lalu masukkan Cairan Head Cleaner tersebut ke dalam tiap-tiap tabung tinta, Untuk Kuantity, Silahkan anda bagi sendiri, jika anda menggunakan Printer 4 Tinta, anda bisa mengisi sebanyak 25ml setiap warna. Jadi tidak perlu terlalu banyak, Cairan Head Cleaner cukup ampuh untuk membersihkan Head Printer Anda.
  4. Tahap selanjutnya Anda masuk ke Pembersihan Head, Anda masuk lagi ke Menu Printer Setting > Maintenance > Head Cleaning. Lakukan proses tersebut sebanyak 2x sampai semua Cairan Head Cleaner yang telah kita masukkan tadi betul-betul habis,
  5. Sekarang silahkan isi kembali tinta pada tabung Printer Anda, isi sampai penuh, lalu lakukan Power Ink Flushing, supaya semua tinta yang ada di tabung bisa masuk ke dalam Cartrige. Caranya masuk ke Menu Printer Setting > Maintenance > Power Ink Flushing. Jika sudah selesai, sekarang Anda bisa melakukan tes uji cetak printer.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini dengan judul yaitu Cara Memperbaiki Head Printer Epson Yang Tersumbat. Jangan lupa untuk di share ya sob. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. See you :)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url