Apa Saja Fungsi Multimedia (Penjelasan Lengkap)


Salah satu bidang ilmu komputer yang cukup populer dewasa ini adalah Multimedia. Seperti ulasan sebelumnya mengenai pengertian Multimedia, arti kata Multimedia berasal dari kata multi dan media, dimana apabila kita terjemahkan Multi berarti Banyak dan Media berarti Perantara. Jadi Multimedia adalah gabungan dari banyak unsur yang meliputi text, gambar, audio, video dan animasi yang diproses dengan komputer sehingga dapat menghasilkan sebuah produk digital yang dapat digunakan baik untuk design grafis, presentasi, video dokumenter dan masih banyak lagi yang lainnya.


Fungsi Multimedia

Sebuah riset dari CTR (Computer Technology Research) memberikan gambaran tentang ingatan manusia yang berhubungan dengan komunikasi. Orang lebih mudah mengingat informasi berupa audio yang didengarkan, dari pada citra visual yang dilihatnya. Orang hanya mampu mengingat sekitar 20% informasi yang pernah dilihatnya. Di sisi lain, jika informasi tersebut diperoleh melalui pendengaran, kemampuan memori manusia untuk mengingatnya bisa mencapai 30%. Ini berarti manusia akan lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan dalam bentuk kombinasi antara audio dan visual. 

Hasil riset CTR juga menyimpulkan bahwa orang cenderung bisa mengingat sebanyak 50% informasi yang diperolehnya dari mendengar sekaligus melihat. Hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa multimedia berfungsi utama sebagai sarana menyampaikan informasi. Multimedia menjadikan komunikasi berjalan lebih efektif dari pada metode-metode klasik yang selama ini dipakai, terutama dalam hal komunikasi massal.

Ada beberapa pakar yang menyimpulkan fungsi Multimedia di berbagai bidang, yang dapat disimpulkan sebagai berikut :

  • Akan membangkitkan motivasi untuk memahami isi dari materi yang disampaikan didalamnya.
  • Dapat mengulang kembali materi – materi yang disampaikan di dalam produk multimedia.
  • Mempermudah kita untuk fokus dan memahami isi materi yang disampaikan.
  • Dapat mengaktifkan respon kita dalam mempelajari isi materi yang disampaikan didalamnya.
  • Dapat mempercepat dan memperjelas informasi yang disampaikan di dalam produk Multimedia.
  • Dapat merangsang keingintahuan seseorang terhadap informasi yang disampaikan.

Selain itu manfaat Multimedia juga dapat kita dapatkan apabila kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya sebagai berikut :


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

Manfaat Multimedia dalam bidang pendidikan sangatlah banyak, selain dapat digunakan untuk alat bantu guru untuk menyampaikan materi pelajaran, multimedia juga dapat meningkatkan fokus siswa untuk memahami isi materi yang disampaikan, menjadikan tidak hanya itu Fungsi multimedia dalam bidang pendidikan juga dapat memberi kesan materi pelajaran terasa lebih canggih dan penuh ilmu pengetahuan, multimedia juga dapat menjadi sarana hiburan, sehingga proses belajar mengajar lebih interaktif dan menyenangkan.


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan Multimedia memberikan manfaat kepada para petugas medis untuk melihat tekanan darah, detak jantung atau melihat organ dalam pasien sehingga informasi yang ditampilkan lebih detail dan informatif.


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Perfilman

Berbicara manfaat Multimedia dalam bidang perfilman sangatlah banyak sekali, karena untuk menghasilkan film yang menarik dan berkesan dihati penonton efek – efek Multimedia wajib dimasukan, seperti animasi, efek audio, video, text, dan gambar.


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Transportasi

Multimedia juga sangat bermanfaat dalam dunia transportasi, seperti untuk menampilkan informasi jadwal pemberangkatan dan informasi penting lainnya. Sehingga para penumpang, kru transportasi serta petugas terminal, bandara, stasiun maupun pelabuhan dapat menerima informasi yang informatif, menarik dan tidak membosankan.


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Bisnis

Hal yang paling penting untuk mengenalkan produk dan layanan dalam dunia bisnis adalah bagaimana mengemasnya dengan informatif dan menarik. Sehingga mitra atau pelanggan kita yang menjadi sasaran dapat langsung mengerti, memahami dan tertarik kepada produk dan layanan yang kita tawarkan.


Manfaat Multimedia Dalam Bidang Perbankan

Selain untuk menawarkan produk layanan perbankan yang lebih informatif dan menarik. Fungsi Multimedia dalam dunia perbankan juga dapat digunakan untuk menampikan informasi lain seperti krus mata uang, pengumuman, pengenalan fitur – fitur layanan dan masih banyak lagi yang lainnya.


Dari sini sobat pasti sudah memahami manfaat atau fungsi Multimedia dalam kehidupan kita sehari – hari. Dari sekian manfaat atau fungsi Multimedia dalam bidang – bidang diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya ada banyak sekali manfaat – manfaat multimedia yang lain yang tidak tercover dalam ulasan diatas. Sobat bisa mengembangkan sendiri apa saja manfaat Multimedia yang bisa kita dapatkan. Sekian dari saya semoga ulasan diatas bisa memberikan manfaat untuk sobat sekayuweb dimanapun berada, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke akun sosial media baik itu Facebook, Twitter, Whatsapp dan lain sebagainya dan sampai jumpa lagi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url